Oleh: tinatasheza26 | Maret 18, 2012

BROWSER INTERNET

Pengertian Web Browser

Web Browser adalah Dikenal juga dengan istilah browser, atau peselancar, atau internet browser. Adalah suatu program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatu komputer. Dua program web browser yang cukup populer saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Program browser pertama adalah Mosaic, yang merupakan suatu text browser, yang sekarang web browser telah berkembang ke dalam bentuk multimedia.

Pengertian web browser atau internet browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk melintasi, mengambil, dan menyajikan sumber informasi di World Wide Web. Sumber informasi diidentifikasi dengan Uniform Resource Identifier (URI) termasuk sebuah halaman web, gambar, video, atau bagian lain dari konten web.

Browser juga bisa disebut sebagai Jembatan antara pengguna Internet dengan Internet tanpa browser ini mustahil para pengguna internet dapat memanfaatkan Internet. Dengan menggunakan web browser ini juga, para pengguna Internet juga dapat mengakses dan memanfaatkan berbagai informasi yang terdapat di Internet dengan mudah.

Sejarah Web Browser

Web browser pertama kali ditemukan pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Itu disebut WorldWideWeb (tanpa spasi) dan kemudian berganti nama menjadi Nexus. Pada tahun 1993, perangkat lunak browser semakin inovasi oleh Marc Andreesen dengan merilis Mosaic (kemudian Netscape), “browser pertama populer di dunia”, yang membuat sistem World Wide Web mudah digunakan dan lebih mudah diakses oleh orang kebanyakan. Browser Andreesen yang memicu booming internet tahun 1990-an. Ini adalah dua tonggak utama dalam sejarah Web.

Pengenalan web browser NCSA Mosaic pada tahun 1993 – salah satu web browser grafis pertama – menyebabkan ledakan dalam menggunakan web. Marc Andreessen, pemimpin tim Musa di NCSA, segera mendirikan perusahaan sendiri, bernama Netscape, dan merilis Mosaic-dipengaruhi Netscape Navigator pada tahun 1994, yang dengan cepat menjadi browser paling populer di dunia, terhitung 90% dari semua penggunaan web pada puncaknya.

Microsoft menanggapi dengan Internet Explorer pada tahun 1995 (juga sangat dipengaruhi oleh Musa), memulai perang browser pertama di industri. Dibundel dengan Windows, Internet Explorer memperoleh dominasi di pasar web browser; Internet Explorer berbagi penggunaan memuncak di lebih dari 95% pada tahun 2002.

Peserta terbaru browser Google Chrome, pertama kali dirilis pada September 2008. Chrome telah meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun, dengan menggandakan pangsa penggunaannya dari 7,7 persen menjadi 15,5 persen pada Agustus 2011. Peningkatan ini tampaknya berpengaruh besar pada Internet Explorer, yang sahamnya cenderung menurun dari bulan ke bulan. Pada bulan Desember 2011 Google Chrome mengungguli Internet Explorer 8 sebagai browser web yang paling banyak digunakan.Namun, ketika semua versi Internet Explorer yang disatukan, IE masih paling populer.

Pengertian Web Browser dari Segi Fungsi

Tujuan utama dari web browser adalah untuk membawa sumber informasi kepada pengguna. Proses ini dimulai ketika pengguna memasukan sebuah Uniform Resource Identifier (URI), misalnya, http://infoini.com ke dalam browser.

Sumber yang telah diambil web browser akan ditampilkan. HTML ditampilkan ke mesin tata letak browser,  dan akan diubah dari markup ke dokumen interaktif. Selain dari HTML, web browser umumnya bisa menampilkan setiap jenis konten yang menjadi bagian dari suatu halaman web.

Kebanyakan browser dapat menampilkan gambar, audio, video, dan file XML, dan sering mempunyai plug-in untuk mendukung aplikasi Flash dan applet Java. Jika menemui tipe file yang ditetapkan untuk didownload, maka browser akan meminta pengguna untuk menyimpan file ke disk.

Cara Kerja Web Browser

Di sini akan sedikit diuraikan bagaimana suatu halaman website bisa ditampilkan di layar monitor.

Misalkan seorang yang bernama A ingin membuka sebuah blog, kemudian dia akan mengetikkan alamat url dari blog yang dituju pada browser. Kemudian alamat tersebut akan dilewatkan oleh suatu protocol HTTP melewati port 80 atau 443 pada server. Web browser akan mengirimkan suatu aturan yang biasa disebut protocol, protocol yang biasa digunakan adalah TCP/IP. Setelah dikirimkan ke web server, maka web server akan merespon request dari web browser tersebut. Web server akan memeriksa web file, apakah ada atau tidak alamat yang di request oleh browser tadi dan mengirimkan kembali, lalu browser akan menerjemahkan coding HTML yang dikirimkan oleh server menjadi suatu halaman web. Namun jika halaman tersebut tidak ada di dalam web server maka respon yang dikirimkan berupa pesan dengan kode 404 yang berarti tidak ditemukan.

Rincian Web Browser

Memahami pengertian web browser harus juga memahami tentang rinciannya. Kita semua tahu apa itu web browser seperti yang terlihat, tapi ada baiknya untuk mengetahui rincian lengkap dari berbagai bagian browser web.

Bagian-bagian dari browser termasuk :

  1. Status Bar. Ini adalah kotak di bagian bawah jendela browser Anda. Status bar menampilkan segala macam informasi, tergantung pada apa yang Anda lakukan pada saat itu. Sebagian besar untuk menunjukkan kecepatan beban dan URL dari alamat yang sedang ditunjuk oleh mouse.
  2. Address Bar. Ini adalah kotak di bagian atas jendela browser Anda yang menampilkan seluruh URL atau alamat situs web.
  3. Title Bar. Bar judul ada di bagian paling atas jendela browser Anda. Anda akan melihat judul halaman web di sana, misalnya, Anda akan melihat “Anne Ahira untuk Indonesia” ketika Anda membuka situs anneahira.com.
  4. Toolbar Ikon. Toolbar dan ikon perusahaan browser yang ada di bagian atas kanan jendela browser Anda, di bawah Title Bar. Di sinilah Anda akan melihat tombol Back, tombol Home, tombol Refresh, dll.
  5. Display Window. Jendela Display hanyalah istilah mewah untuk ruang kerja browser Anda. Ini berupa frame di mana Anda melihat halaman website.
  6. Scroll Bar. Jika ketika Anda membuka situs web dan Anda harus “scroll ke bawah” untuk membaca sesuatu, maka Anda telah menggunakan scroll bar.

Macam-Macam Web Browser

Untuk memahami tentang pengertian web browser, berikut adalah beberapa web browser yang tersedia bagi Anda yang bisa didownload secara gratis.

  1. Microsoft Internet Explorer. Sebagian besar pengguna internet menggunakan Internet Explorer karena mudah digunakan dan sebagian besar situs web yang ditulis dengan Internet Explorer, yang berarti bahwa mereka lebih kompatibel.
  2. Opera. Opera merupakan browser populer yang mudah digunakan, namun memiliki beberapa masalah kompatibilitas dengan berbagai situs.
  3. Mozilla Firefox.Firefox adalah web browser yang cukup cepat dalam memperoleh pengguna. Ia berada di belakang Internet Explorer karena memiliki tabbed browsing, fitur keamanan superior, dan akses yang cepat.
  4. Google Chrome. Google Chrome adalah web browser yang dirancang untuk sistem Windows. Ia menawarkan desain minimal dan ‘teknologi canggih’, untuk membuat akses lebih cepat, aman, dan mudah.
  5. Mac Safari. Khusus untuk pengguna Mac, Safari adalah pilihan yang sangat baik untuk sebuah web browser. Safari berkemampuan akses cepat dan kompatibilitas yang baik.

Berikut adalah daftar – daftar browsre,sebagai berikut.
1. epiphany
2. Cyberdog
3. konqueror
4. Omniweb
5. Safari
6. icab
7. netsurf-browser
8. Mozilla
9. Cello
10. Slipknot,
11. Opera
12. Internet explore
13. Avantbrowser
14. Kmeleon
15. Seamonkey


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: